BERKUNJUNG KE KEBUN KURMA DI THAILAND

TIM RISET & DEVELOPMENT KAMPOENG KURMA BERKUNJUNG KE KEBUN KURMA DI THAILAND beberapa hari yang lalu.Kunjungan ke perkebunan kurma di thailand ini dalam rangka studi banding untuk perkebunan kurma. Manajemen Kampoeng Kurma dari Tim Riset & Development Belajar Kurma Dari Thailand.


Tim Riset & Development Kampoeng Kurma
Tim Riset & Development Kampung Kurma


KEBUN KURMA DI THAILAND

Thailand dan Australia kini sedang mempersiapkan diri sebagai produsen kurma dunia. Terbukti kedua negara tersebut sangat serius membuka lahan perkebunan kurma, bahkan pemerintah kedua negara tersebut sangat mendukung. Target Pasar kedua negara tersebut yang paling utama tidak lain adalah negara tetangga yaitu Indonesia. Sangat ironis bukan? Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim dan kurma adalah buah favorit bagi umat muslim, namun sayang di Indonesia belum ada perkebunan kurma yang mampu memasok kebutuhan buah kurma di Indonesia. Justru Indonesia menjadi pangsa pasar negara lain untuk buah kurma, sampai kapan?


kampung-kurma-jonggol-ke-kebun-kurma-thailand
Perkebunan Kurma di Thailand tampak dari atas


Majalah Trubus Edisi Oktober 2015 mengulas fenomena yang sangat menarik tentang perkebunan kurma di Thailand. Buah Kurma selama ini dikenal hanya tumbuh di Timur Tengah/negara gurun pasir. Sebut saja  sepuluh negara produsen utama kurma dunia seperti Mesir, Iran, Arab Saudi, Aljazair, Irak, Tunisia, Uni Emirat Arab, Oman, Pakistan, Sudan. Negara-negara gurun pasir itu memiliki kondisi iklim yang sesuai untuk pertumbuhan kurma.


kampoeng-kurma-jonggol-ke-kebun-kurma-thailand
Kebun Kurma di Kota Kanchanaburi - Thailand


Kurma di Thailand merupakan komoditi yang baru dikembangkan oleh petani Thialand, namun mereka bertekad menjadikan kurma sebagai komoditas unggulan terbaru dari Thailand. Di Thailand, kurma segar tergolong buah eksklusif. Jika harga buah di kebun 500 baht/kg setara Rp200.000/kg maka setelah masuk ke swalayan harganya naik menjadi 800 - 1000 baht. Bahkan di sebuah swalayan yang berlokasi di Siam Paragon kurma segar ditata apik untuk menarik minat pengunjung.


kampoeng-kurma-jonggol-ke-kebun-kurma-thailand
Tim Riset & Development PT Kampoeng Kurma Jonggol di Thailand


KURMA TROPIS DI KEBUN KURMA THAILAND


Banyak orang beranggapan kurma hanya tumbuh dan berbuah di Timur Tengah saja, sejatinya itu hanya mitos. Faktanya anda dapat melihat phon kurma dapat tumbuh dan berbuah di negara beriklim tropis.

Di Indonesia sendiri, belum ada perkebunan kurma yang cukup luas dengan skala berhektar-hektar, dan digarap secara serius untuk komoditas pangan. Kalaupun ada hanya ada di Pasuruan dengan luas 3,7 hektar. Kebun Kurma Pasuruan ini justru menjadi objek wisata. Wisata kebun kurma ini digagas pemilik Duta Wisata Group, HM Roeslan. Di bawah tangan dingin laki-laki 70 tahun ini, lahan sekitar 3,7 hektar disulap menjadi lahan kurma yang eksotis. Selain di Pasuruan, beberapa lokasi seperti di Bandung, Cianjur, Bekasi dan kota-kota lain di Indonesia juga ada pohon kurma yang tumbuh dan berbuah milik warga.


pohon-kurma-perkebunan-kurma-thailand-kampung-kurma
Pohon Kurma di Perkebunan Kurma Thailand


Bagaimana dengan Thailand? Tim Riset & Development dari Kampoeng Kurma membuktikan ternyata kurma bisa tumbuh diluar Timur Tengah, bahkan bisa tumbuh di Asia Tenggara, Thailand lah pionirnya. Di negara tersebut kurma sudah dikebunkan secara komersil. Yang menarik mereka memanen buah kurma ketika pohon berusia 3 tahun. Pekebun tidak membutuhkan alat apapun untuk memetiknya karena pohon kurma tingginya hanya 1 meter (dihitung dari permukaan tanah ke titik tumbuh). Di setiap pohon saat panen bisa ada 5 - 10 tandan dengan potensi dalam 1 tandan Insya Allah menghasilkan 5 - 10 kg buah kurma.


kurma-muda-di-kampoeng-kurma-dari-kebun-kurma-thailand
Buah Kurma Masih Kecil di Kebun Kurma Thailand

KEBUN KURMA KANCHANABURI DATE PALM


Tim Riset & Development Kampoeng Kurma berkesempatan untuk mengunjungi perkebunan Kurma di kota Kanchanaburi - Thailand, kami bertemu dengan salah satu petani disana. Namanya Mr Anurak, resign kerja saat gaji nya di angka 45 jt/bulan (dalam rupiah) dan fokus berkebun kurma yang saat itu dianggap gila menanam tanaman gurun di iklim tropis Thailand.
Selama prosesnya banyak cibiran dan hambatan pastinya tapi insinyur ini tetap komitmen hingga memiliki kebun kurma seluas 20 hektaran dengan modal awal 2 M (dalam rupiah) dan sudah kembali dalam panen pertama (Break Event Point), berarti kebun kurma seluas 20 hektaran menghasilkan income sebanyak +- 2 M menarik sekali income nya?!
Mr Anurak walaupun seorang miliarder tetap low profile dan mengajari team Research and Development Kampoeng Kurma dengan sabar, thumbs up for him, semoga makin sukses ya Mr... (Laporan dari Kang Bima - Tim Riset & Development Kampung Kurma)


Tim Riset & Development Kampung Kurma bersama Mr Anurak

Berikut oleh-oleh foto dokumentasi dari Tim Riset & Development Kampoeng Kurma:


tanah-kavling-murah-untuk-investasi-di-bogor
Pohon Kurma yang mulai berbuah di Thailand
perkebunan-kurma-thailand-by-kampoeng-kurma
Pohon Kurma di Perkebunan Kurma Thailand
perkebunan--kurma
Perkebunan Kurma di Thailand tampak dari atas
kebun-kurma-jonggol
Tim R&D Kampung Kurma berfoto di Kebun Kurma Thailand
bibit-kurma-dari-kampung-kurma
Bibit Kurma di Thailand
kampoeng-kurma-jonggol
Olahan dari buah kurma di kebun kurma Thailand
kampung kurma
Perkebunan Kurma di Thailand


Oh ya, anda juga bisa membaca ulasannya secara lengkap mengenai kurma tropis di majalah Trubus. Ada banyak ulasan mengenai kurma tropis yang dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia. Jika anda kesulitan mendapatkan majalah Trubus versi cetak anda juga bisa berlangganan versi onlinenya, cukup terjangkau kok biaya berlangganannya. Selain bisa membaca ulasan tentang kurma, tentu anda bisa membaca ulasan tentang tanaman lainnya di majalah Trubus versi online ini. Mari berkebun! Stop Global Warming! 


INVESTASI KAVLING SYARIAH KAMPUNG KURMA  - KEBUN KURMA  PLUS RESORT DENGAN KONSEP KPR SYARIAH PT KAMPOENG KURMA JONGGOL


Di Indonesia sendiri belum ada yang secara serius menggarap perkebunan kurma skala besar, atas izin Allah ada developer yang berani membuat perkebunan kurma di Indonesia dengan konsep Agrowisata & Resort, namanya Kampoeng Kurma Jonggol. Diawal-awal dipasarkannya Kampoeng Kurma Jonggol ini pengembang hanya menyediakan sekitar kurang lebih 200 kavling, ternyata animo masyarakat dengan konsep perkebunan kurma cukup baik, diluar dugaan Alhamdulillah atas izin Allah Kampoeng Kurma Jonggol ini sampai keluar site plan tahap 3 TERJUAL +- 2.200 UNIT..

Kini Kampoeng Kurma Jonggol berencana kembali membuka penjualan di tahap ke 4, Kampoeng Kurma Jonggol Tahap 4 ini walaupun belum dibuka Alhamdulillah sudah banyak yang berminat dan waiting list, Ingin memiliki kebun kurma dan hunian resort dengan nuansa pedesaan yang alami? Miliki segera Tanah Kavling Kebun Kurma & Resort di Kampung Kurma, Jika anda belum terdaftar sebagai waiting list segera isi form waiting listnya di link ini: Http://bit.ly/formpemesanankampungkurma



EmoticonEmoticon